Rabu, 26 Oktober 2011

Behave Yourself!

Bagaimana rasanya ketika ada orang lain yang berpapasan dan tiba-tiba berucap kata "sh*t" saat tidak sengaja kita menghalangi jalannya? Aku tahu rasanya seperti apa. Seorang gadis muda, berstatus mahasiswa di salah satu universitas. Cantik dan fashionable tetapi sayang tidak berperilaku layaknya seorang intelek.

Aku jadi teringat statusku di FB beberapa waktu lalu, "Knowledge is Power, but Character is More". Rasa-rasanya mereka yang bergelar pelajar bahkan mugkin para pejabat sekalipun tidak memiliki karakter yang kuat. Mereka memang pintar tetapi kepintarannya itu tidak pernah atau mungkin belum diiringi oleh karakter yang rendah hati. Mereka selalu merasa diri lebih hebat, lebih mumpuni, lebih segalanya ketimbang mereka yang tidak mampu memperoleh kesempatan untuk mengeyam pendidikan.


Pernah aku ketika masih bergelut dalam dunia perpolitikan, semua wacana adalah demi memenangkan tujuan baik itu perseorangan ataupun kelompok. Mereka yang ada dalam dunia politik adlah orang-orang cerdas yang sayangnya tidak dibarengi dengan kecerdasan karakter. Dunia pendidikan juga tidak jauh beda, orang yang merasa pintar, enggan untuk berbagi ilmu. Padahal ilmu tidak akan pernah berkurang ketika diberikan pada orang lalin, sebaliknya ilmu akan semakin mengakar kuat dan memberikan pemahaman yang lebih baik.

Seorang anak kecil pernah berteriak memanggil seorang temannya dengan panggilan binatang, lucunya teman anak kecil itu menyahut dengan panggilan yang sama. Aku jadi berpikir bukankah manusia lebih sempurna? Jika iya bukankah manusia lebih mengetahui cara menghargai orang lain? Jika mengajari binatang lebih mudah, bukankah mengajari manusia justru seharusnya jauh lebih mudah? Ahh, tapi itu salah. Manusia memiliki akal dan rasa sehingga tidak mudah untuk mengajari, karena satu hal dapat dipahami dan diinterpretasikan secara berbeda oleh setiap orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar